Syurga Tersembunyi di Kaki Gunung Galunggung




TASIKMALAYA, adalah Kota yang menjadi Destinasi saya selanjutnya untuk di explorer. Kota yang dijuluki  Mutiara Dari Timur ini, memiliki banyak destinasi yang sangat indah untuk diexplorer salah satunya curug ciparay. Curug Ciparay ini atau biasa disebut dengan curug kembar adalah salah satu  destinasi yang sangat luar biasa untuk di explore. Curug ini yang bertepatan di daerah Tasikmalaya tepatnya di Dusun  Parentas desa Cidugaleum Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya memiliki Potensi alam yang sangat indah untuk dinikmati dan diabadikan, namun sayang perjalanan menuju kesana perlu perjuangan yang sangat luar biasa.

Perjalanan menuju kesana kita harus menguras hati dan tenaga , Hampir 2 jam dari   pusat kota Tasikmalaya untuk menempuh curug ciparay. Jalanan berbatu yang  sangat rusak total, dan ditambah jalanan yang turun naik yang membuat saya hampir putus asa. Tetapi dari cape ini ternyata terbayar oleh suguhan alam sepanjang jalan menuju curug ciparay.  Pepohonan dengan gradasi hijau tua dan muda memberikan warna diperjalanan saya. Angin yang berhembus tak terlalu kencang tak memapatahkan perjalanan ini memberikan suasana baru dan tenaga untuk saya melanjutkan perjalanan ini.


Setelah menempuh  beberapa jam, akhirnya saya sampai di basecamp Curug Ciparay atau kita sebut dengan pintu masuk curug ciparay, ternyata perjuangan saya  belum selesai.Saya harus menempuh 300 meter menuju air terjun ciparay dengan jalanan yang menurun karena curug tersebut berada di bawah. Jalanan setapak yang sangat khas seperti trek pegunungan dengan pepohonan yang menyapa dan hembusan angin yang menyisir suasana semakin saya tak sabar untuk segera sampai. Hijaunya daun, dan warna hijau lumut yang menempel pada tumbuh-tumbuhhan menandakan ekosistem tersebut masih subur dan harus dijaga agar tidak dirusak. Suara gemuruh yang mulai terdengar membuat saya untuk mempercepat langkah kaki agar cepat sampai untuk menikmati air terjun ini. Semakin cepat langkah kaki saya, akhirnya curug ciparay berada di depan mata sekitar 20 meter lagi, saya harus menyebrang terlebih dahulu  melewati jembatan kayu yang terbuat dari beberapa bilah pepohonan, arus sungai yang tak begitu deras dan air yang mengalir dengan begitu tenang  memadukan antara air sungai dan debit air terjun tersebut menjadi suatu harmoni yang sangat begitu tenang untuk didengar.
mendekati air terjun yang sangat spektakulir,  betapa agungnya dan betapa indahnya ketika tubuh ini, mata  ini, berada di depan air terjun yang sangat gagah dengan debit air yang sangat deras yang membuat baju saya terciprati oleh air tersebut.Tubuh ini dimanjakan oleh hempasan dari debit air dan dinginnya air terjun mencipatan  Kesegaran yang sangat alami yang saya rasakan. Begitu indahnya Indonesia terutama Tasikmalaya yang menyimpan keindahan alam ini, dan hari itu saya berdiri di apit oleh dua air terjun yang begitu indah dengan ketinggian kurang lebih  80 Meter dengan volume hempasan air yang sangat deras.


Bagi seorang traveler kenimatan yang sesungguhnya adalah ketika kita bisa menikmati alam ini dengan rasa syukur kepada ia sang maha pencipta menyimpan segalateknologi agar tetap focus pada suguhan alam yang indah ini. Terutama curug ciparay ini, air terjun kembar yang mempunyai debit air yang sangat deras dan ketinggian yang sangat indah dan bertepatan di tengah lembah di dataran bawah tepatnya di kaki gunung galunggung, bukankah begitu indah ketika kika diberikan waktu untuk bisa menikmati alam ini . dan saya, merasa bersyukur ketika bisa menyempatkan waktu untuk bisa berdiri menatap  alam ini dengan alam hijau disekitar saya meskipun hanya beberapa jam saja bahkan menit.dan dari atas saja (basecamp ciparay) kita sudah di suguhkan oleh pemandagan gunung Galunggung dan tepat  di bawahnya tepat  terdapat dua air terjun kembar yaitu curug ciparay, suatu pemandangan yang memberikan paket double special untuk dinikamati. untuk kalian para traveler yang mau kesanan tenang saja kalian gak usah ngeluarin uang banyak, kalian hanya bisa menghabiskan uang sebesar Rp. 5000 untuk tiket masuk dan biaya parkir sepeda motor hanya Rp.2000.


Bagi kalian yang ingin mengunjungi air terjun Ciparay ini,  kalian harus menyiapkan fisik yang maksimal karena track dari mulai jalan menuju pintu masuk saja sudah menguras hati dan tenaga, belum sampai ke air terjunnya kita harus benar benar memastikan tubuh kita ini fit. Yang paling membuat nyaman dari air terjun ini   sampai saya ingin berlama lama untuk disini, kita bisa memasang hammock  untuk kita bersantai sambal menikmati air terjun dana lam disekitar yang begitu asri.
Betapa begitub indahnya ketika kita bisa menikmati ala mini bersantai, hanya ada suara air yang bergemuruh yang kita dengar dan hembusan angin yang begitu tenang.





Belum ada Komentar untuk "Syurga Tersembunyi di Kaki Gunung Galunggung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel