Hal Hal yang Harus di Perhatikan oleh Pendaki Pemula pada saat Naik Gunung


TRAVELLER INFLUENCER - Pendakian gunung sekarang sudah tidak asing, baik di kalangan muda maupun orang dewasa. Mendaki gunung merupakan kegiatan olahraga berpetualang yang memerlukan kondisi badan yang prima, mendaki gunung adalah kegiatan langsung bercengkrama dengan alam liar, beda hal nya dengan olahraga lainnya.

Terkadang masih banyak pendaki pemula yang menghiraukan bahayanya melakukan pendakian seperti dinginnya suhu di di alam liar, hujan badai, tebing tebing yang curam, tersesat, dan lain-lain. Tetapi banyak pendaki pemula yang acuh terhadap resiko tersebut



Masih banyak juga pendaki yang melakukan pendakian atas dasar ikut-ikutan atau melakukan pendakian hanya untuk eksistensi di social media, yang seperti ini yang dinamakan pendaki bahaya.

Kali ini traveler influencer mau berbagi apa yang harus di persiapan untuk pemula ketika mau melakukan pendakian

  • Mencari informasi gunung yang akan di daki

Mencari informasi sebelum melakukan pendakian bertujuan supaya kita tau medan gunung yang akan kita daki, untuk informasinya kita bisa menanyakan ke orang yang pernah mendaki gunung tersebut atau kita mencari informasi sendiri di internet.

  • Mempersiapkan fisik dan mental

Sebelum kita melakukan pendakian sebaikna mempersiapkan fisik dan mental, baik itu kesehatan jasmani maupun rohani. Kesehatan jasmani bisa dilakukan dengan cara berolahraga sebelum pendakian seperti jogging, berenang dan masih banyak lagi olahraga fisik yang lainnya. Sedangkan kesehatan rohani kita harus mempersiapkan mental kita terlebih dahulu dengan cara menambah pengetahuan mengenai pendakian, baik itu jenis medan,  survival (bertahan hidup), bahkan mengetahui jenis flora dan fauna yang ada disekitar kita.

  • Mempersiapkan peralatan yang harus dibawa

Bawalah peralatan pendakian yang sesuai, dalam artian kita harus membawa peralat yang penting dan yang harus diutamakan diantaranya, jaket waterproof, pakaian harus di pisahkan antara untuk diperjalanan dan untuk ganti, sepatu tracking, sleeping bag, tenda, senter atau headlamp, dan matras.
Ada yang harus di bawa setiap melakukan pendakian yaitu trass bag atau kantung plastik, kantung plastik ini bisa dipakai untuk menyimpan sampah yang kita bawa, menyimpan pakaian kotor, dan memisahkan mana pakaian bersih dan mana pakaian kotor.

  • Membawa logistik

Untuk logistik kita bisa membawa sesuai estiminasi perjalanan kita, sesuaikan apa yang harus di bawa seperti, beras, lauk pauk, makanan ringan, dan air. Bawalah logistik lebih banyak dari kebutuhan untuk mengantisipasi kekurangan logistik di saat pendakian.

  • Membawa obat pribadi

Obat pribadi saat di butuhkan, apabila kita mempunyai penyakit dan memang tidak bisa di tebak kapan penyakit tersebut akan kambuh, jadi selalu antisipasi supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Mulai lah pendakian secara bertahap

Yang di maksud bertahap disini adalah lakukan pendakian mulai dari gunung yang rendah jangan langsung yang tinggi, kenali suasana gunung secara bertahap untuk menghindari kagetnya suasana gunung jika dilakukan tidak secara bertahap.

  • Meminta izin

Beri tahu orang tua kita gunung yang akan di daki, jelaskan supaya mereka tidak cemas saat kita melakukan pendakian. Meminta perizinan pendakian di setiap basecamp yang ada di gunung tersebut, tujuan nya adalah untuk mengurangi resiko saat pendakian, jangan melakukan pendakian secara illegal atau tidak melakukan izin terlebih dahulu.

“jadilah pendaki yang cerdas akan hal hal alam jangan jadi pendaki trendingan, selalu bawa turun sampah yang kita bawa dari gunung, selalu waspada akan bahaya saat kita melakukan pendakian.”

Semoga bermanfaat untuk yang baru mau memulai pendakian ataupun yang sering melakukan pendakian, terima kasih. Salam lestari. Salam literasi!
  

Belum ada Komentar untuk "Hal Hal yang Harus di Perhatikan oleh Pendaki Pemula pada saat Naik Gunung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel