Jalur Gunung Merbabu via Selo Lama

Gunung Merbabu
Sebuah perjalanan menyusuri Tanah Jawa yang  terkenal  dengan sebutan Tanah Serabi. Siapa yang tidak mengenal Merbabu? Gunung yang identik dengan begitu banyak Bukit dan memiliki pemandangan Gunung- gunung yang begitu indah, salah satunya view Gunung  Merapi yang berdiri sangat Gagah.

Puncak Gunung Merbabu 
Merbabu  memiliki 3 puncak diantaranya Puncak Tringgulasi 3142 mdpl yang merupakan puncak utama  tertinggi dari gunung merbabu, Puncak Kenteng Songo 3142 mdpl, dan Puncak syarif 3119 mdpl. Selain puncak-puncak tersebut yang disebutkan di atas ada beberapa puncak lagi dari gunung merbabu ini diantaranya puncak Gunung Kenong (jalur Selo), Puncak Watu Tulis (Pemancar), Puncak Puncak Watu Gubug 2729 mdpl, Puncak Geger Sapi 2987 mdpl, Puncak Ondorante 3110 mdpl. Menurut pengukuran tahun 2010 ke empat puncak tersebut bisa ditempuh dengan melalui jalur thekelan Desa Thekelan, Kopeng, Kab. Semarang.

Baca Juga : 10 Tips Antisipasi Penyakit Asma Ketika Pendakian

Jalur Pendakian Gunung Merbabu 
Gunung ini memiliki 5 jalur pendakian yang resmi diantaranya: Jalur Selo, jalur Suwanting, Jalur Wekas, Jalur Cunthel, dan Jalur thekelan untuk jalur yang tidak disebutkan berarti jalur ilegal. Kali ini saya akan menceritakan Jalur Selo yang saya pernah lewati, jalur ini terletak di  Desa Genting Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, dan memiliki panjang trek kurang lebih sekitar 6 Jam. 
Berikut estimasi  dan pos jalur selo ini diantaranya :
Basecamp – Pos 1 dapat ditempuh 2,5 Jam.
Pos 1- Pos 2 ditempuh 1-2 Jam.
Pos 2 – Pos 3 ditempuh 45 Menit
Pos 3 -  Sabana 1 ditmpuh 1 Jam
Sabana 1 – Sabana 2 ditempuh 1 Jam
Sabana 2 – Puncak ditempuh 1,5 Jam
Untuk Estimasi perjalanan ini kalian bisa sesuaikan dengan kemampuan kalian sendiri, bisa jadi lebih cepat  ataupun lebih lambat semua tergantung pada diri sendiri dan kekompakan setiap team. Dan perlu kalian ketahui di jalur pendakian Merbabu Via Selo ini tidak ada sumber air, jadi diharapkan para pendaki untuk membawa air yang cukup. Selain itu untuk mendirikan tenda di jalur selo ini pendaki bisa membangunya di Pos 3, Sabana 1 atau Sabana 2 disesuaikan lagi dengan Cuaca dan kondisi tubuh.

Tiket Masuk Gunung Merbabu Via Selo
Tiket Masuk menuju Gunung Merbabu Via Selo ini begitu terjangkau, di waktu Weekday hanya dikenakan dengan biaya Rp. 15.000 dan di waktu Weekend Rp. 17.000 bukan begitu sangat ramah di kantong bukan, dan untuk memudahkan para pendaki kita bisa beli tiket online, Sebelum kita melakukan pendakian di Gunung Merbabu ini kita akan di briefing terlebih dahulu oleh petugas atau ranger di basecamp merbabu Via Selo, salah satunya kita tidak boleh membawa tisu basah dan masih banyak lagi peraturan peraturan yang harus kita patuhi, ini semua demi kebaikan selama pendakian yang bertujuan untuk menjaga ekosistem dan keasrian gunung Merbabu agar tidak ada sampah yang berserakan.

Keindahan dari Gunung Merbabu sangat tidak di ragukan lagi, Gunung yang menjadi salah satu primadona dari para pendaki. Tak heran jika  selalu ramai di kunjungi pada saat weekend maupun weekday. View yang sangat begitu jelas dari Gunung ini ialah Gunung Merapi yang berdiri gagah terlihat jelas dari Merbabu, tak hanya Gunung Merapi Gunung-gunung lainnya pun terlihat. Seperti, Gunung prau ,lawu , sindoro-sumbing, andong , telomoyo, slamet dan bahkan semeru dan masih banyak gunung lainnya.  Dan yang selalu dirindukan dari Gunung ini  Sabana yang membentang luas berwarna hijau yang dipadukan dengan padang Bunga Edelweis yang menjadikan sabana ini begitu sempurna.

Bukankah ini adalah sebuah paket spesial yang telah Tuhan ciptakan untuk kita jaga dan kita syukuri. Tak sampai di sabana saja, yang begitu saya sukai dari pos 3 menuju puncak ini terdapat beberapa tumbuhan  yang bisa kita makan, salah satunya yang sangat saya sukai yaitu Buah Murbei yang memiliki rasa manis dan asam, bukan hanya buah murbei saja tapi juga ada daun Cantigi yang bisa dimakan pucuk daunnya yang berwarna Merah rasa dari daun ini asam dan kesat keduanya bagi saya bmenjadi makanan favorite pada saat di Merbabu. 

Bagi saya belum afdhol jika ke Merbabu tak mencoba makanan tersebut. Oh iya, Merbabu masih banyak sekali Kera bahkan monyet yang berkeliaran pada jalur track sampai sabana. Jadi jangan sembarangan mententeng makanan atau kantong kresek pada saat mau turun ataupun naik karena monyet dan kera ini akan langsung merebut barang kita. Dan jangan pernah memberi makan monyet tersebut dengan sembarangan karena kita di larang untuk memberikan makanan, selalu stay safety ya teman teman semua dimanapun kita berada. Semoga bermanfaat tulisan ini, salam literasi lestari…

2 Komentar untuk "Jalur Gunung Merbabu via Selo Lama"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mantapsssss foto nya keren keren
    😁😁 masih hijau kekuningan sekarang udah jd item karena kebakar 😔

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel