Kenapa Kita Bisa Hipotermia di Gunung ?



Kenapa kita bisa hipotermia saat di gunung? saya ambil contoh waktu di gunung ciremai, Karena pengalaman saya waktu itu yang hampir hipotermia di gunung ciremai , saya menulis ini berdasarkan pengalam saya sendiri.


Waktu itu saya melakukan pendakian ke gunung ciremai, cuacanya yang buruk membuat suhu tubuh menjadi tidak normal, dan di situ saya mulai curiga, mungkin ini yang Namanya gejala hipotermia, akhir nya saya mencegah gejala tersebut sebelum terjadi yang tidak diinginkan. Dan alhamdulillah tidak terjadi apa apa.

Hipotermia  adalah satu hal menakutkan bagi para pendaki, hipotermia bisa menyerang kita dalam suasana apapun, tidak melihat pendaki yang sudah sering mendaki ataupun pemula, biasanya terjadi karena kegagalan control suhu tubuh dikarenakan dingin dari luar tubuh, atau dapat di definiskan suhu tubuh di bawah 35°C


Ada beberapa gejala hipotermia yang biasanya terjadi
  •         Tubuh penderita akan menggigil hebat.
  •         Penderita susah untuk di ajak berbicara.
  •         Pakaian yang dikenakan basah.
  •         Penderita susah untuk di ajak bergerak.
  •         Tubuh penderita yang selalu lemas.
Hal yang harus diperhatikan sebelum kalian melakukan pendakian

  1.         Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian.
  2.          Selalu membawa raincoat atau jas hujan.
  3.          Gunakan pakaian yang tebal.
  4.          Alat yang terkadang selalu di sepelekan yaitu, kaos kaki, sarung tangan, syal, kupluk dll.
  5.          Gunakan jaket windbreaker atau waterproof untuk menghindari kontak langsung dengan suhu luar tubuh.
  6.         Makan dan minum yang hangat, jangan beri tubuh dengan asupan yang dingin.

Berikut hal hal yang harus dilakukan jika salah satu dari tim kalian mengalami hipotermia
  • Jika pakaian penderita basah, segera ganti dengan pakaian yang hangat, pakaian yang basah juga mempengaruhi suhu tubuh yang tidak stabil.
  • Selalu pantau pernapasan, apabila tidak seperti biasanya segera beri bantuan kepada penderita, misalnya beri bantuan pernafasan jika diperlukan.
  • Penggunaan Sleeping Bag, sleeping bag juga bisa menciptakan hangat sementara, sebelum penderita di masukan ke dalam sleeping bag, masuki dulu sleeping bag oleh orang yang sehat dan kondisi orangnya kering supaya menciptakan suasana didalam sleeping bag yang hangat, baru masukan penderita tersebut ke dalam sleeping bag.
  • Berikan air hangat, jangan langsung memberikan air yang terlalu panas, berikan air secara bertahap supaya tubuh penderita tidak terlalu kaget menerima masukan air.
  •  Peluk, kita bisa memberikan hangatnya tubuh kita kepada penderita hipotermia tersebut.
  • Masukan air hangat kedalam botol lalu masukan kedalam sleeping bag penderita, untuk menciptakan suasana hangat di dalam sleeping bag yang lebih lanjut.
  •  Untuk mendirikan tenda usahakan jangan ditempat terbuka untuk menghindari terpaan angin, cari tempat yang rimbun akan pohon pohonan.
  • Terkahir, buat perapian untuk menghangatkan sekitar tenda, buat perapian secara teratur jangan sampai membuat alam kita rusak atau kebakaran.
Saran dari saya jangan menjadi pendaki ikut-ikutan tanpa Taunya resiko apa yang akan terjadi di gunung tersebut, lebih bagus nya cari informasi dulu apa yang harus di persiapan sebelum melakukan pendakian.

Itu sedikit info dari saya,kurang lebihnya monggo ditambah di komentar, semoga bermanfaat, selalu safety saat melakukan pendakian, jaga alam seperti alam menjagamu, Salam Lestari!

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Kita Bisa Hipotermia di Gunung ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel