Manfaat dan Jenis - Jenis Buah Naga Beserta Makanan Olahannya

Apakah teman-teman disini ada yang belum tahu apa itu buah naga? Atau ada yang sudah tahu tapi belum pernah memakannya, Disini lensanesia akan membahas itu semua. 
Buah naga merupakan buah yang gampang sekali untuk bisa dikenali karena bentuknya yang begitu unik, buah ini berasal dari Amerika tengah yang bermula dari kaktus dan berbunga dari sore hari sampai menjadi layu di pagi hari, karena dengan keindahan bunganya  buah naga ini mendapat julukan Moonflower Of the Night. Buah ini hanya tumbuh di daerah tropis dan sub tropis seperti di Amerika Serikat dan Asia. 
Tidak hanya disitu saja buah naga ini memiliki warna merah pada umumnya atau terkadang berwarna kuning dengan daging berwarna merah keunguan atau putih dengan biji-biji hitamnya.


Kandungan Vitamin Pada Buah Naga

Buah yang memiliki nama latin Hylocereus Undatus ini memiliki kandungan  rendah kalori namun tinggi juga akan nutrisi diantaranya Vitamin B dan C, Fospor, Protein, Kalsium, Fiber, Captin dan Antioksidan. Itu sebabnya Buah Naga memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat sehat untuk tubuh.

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Membantu menurunkan berat badan 
Buah ini memiliki kandungan yang rendah kalori dan cocok  dijadikan sebagai pengganti cemilan selain itu buah ini juga dipercaya mengurangi kadar kolesterol hal itu membantu dalam proses penurunan berat badan.
Meningkatkan kesehatan Jantung
Seperti yang kita ketahui bahwa Buah naga dapat menurunkan  kadar kolestrol dalam tubuh apabila kadar kolesterol dalam pembuluh darah cukup tinggi  hal tersebut dapat menyebabkan gangguan terhadap jantung, oleh sebab itu buah ini dapat meminimalisir kemungkinan terjangkit penyakit Kardiovaskular.
Memiliki efek anti penuaan 
Karena memiliki kandungan mineral dan antioksidan sehingga buah satu ini dapat memperlambat penuaan sel-sel dan menjaga organ-organ vital serta pembuluh darah tetap sehat dalam jangka waktu yang lebih lama.
Membantu meringankan diabetes
Jumlah serat yang begitu tinggi dalam buah naga membantu mengontrol kadar gula dalam darah sehingga membantu meringankan gejala diabetes pada pasien yang mengidap penyakit ini.
Membantu mengurangi nyeri pada sendi 
Karena buah naga memiliki sifat anti implamasi yang diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah dibagian yang terkena nyeri sendi, serta dapat mengurangi rasa sakit dan pembekakan pada daerah tersebut.
Melancarkan pencernaan 
Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah naga memiliki kemapuan untuk mendetoksifikasi usus dan memperlancar pencernaan, hal itu juga dapat berguna untuk menyembuhkan beragam kondisi lain. Seperti sembelit dan asam lambung.
Meningkatkan Imunitas
Buah naga memiliki kandungan Vitamin C, B dan mineral seperti kalsium zat besi dan lain-lain.jadi apabila buah naga  ini dikonsumsi sangat teratur dapat mencukupi nutrisi tubuh kamu. Selain itu juga dapat membuat sel-sel dalam tubuh kamu lebih kuat dengan demikian kekebalan tubuh akan meningkat.


Selain itu lensanesia akan menjawab pertanyaan, Apakah Ibu Hamil Bagus Mengkonsumsi Buah Naga?

Perlu kita ketahui bahwa buah naga yang tadi telah disebutkan manfaatnya di atas yang begitu  kaya akan nutrisi dan vitamin justru begitu aman jika di konsumsi oleh Ibu Hamil jadi untuk para Ibu Hamil jangan Khawatir ya. Untuk itu disini Lensanesia akan menjelaskan manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil, diantaranya:
1) Membentuk sel darah merah, Bagi Ibu Hamil yang mengalami Anemia selama Hamil ada baiknya mengkonsumsi Buah Naga, karena di dalam buah naga terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,65 miligram per 100 gramnya. Zat besi di dalam buah naga itu bisa digunkaan untuk membentuk sel darah merah sehingga bisa mengurangi resiko anemia pada Ibu Hamil.
2) Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, didalam terdapat kandungan folat. Folat merupakan kandungan yang diperlukan selama kehamilan. Folat ini berfungsi membantu perkembangan janin.
3) Bagus untuk jantung, buah naga mempunyai khasiat menurunkan jumlah kolestrol jahat dan menaikkan jumlah kolestrol baik dalam tubuh, dan ini begitu baik bagi ibu hamil dan janin.
Begitu banyak kandungan serat dan vitamin dalam buah ini untuk ibu hamil juga untuk semuanya yang tak memandang usia, tak perlu lensanesia jelaskan secara detail lagi  karena paparan di atas sudah begitu detail tentang manfaat buah naga ini.

Satu lagi untuk, FYI untuk temen-temen lensanesia semua selain buah naga bisa dikonsumsi secara langsung. Buah ini juga dapat di olah dengan begitu banyak  macam makanan, tetapi disini lensanesia tidak akan menyebutkan semuanya karena begitu banyak dan itu semua juga bisa dilakukan oleh kita sendiri agar bisa berinovasi dan berinisiatif mengoalah dengan unik  pada buah naga ini lensanesia akan memberikan olahan makanan yang cocok untuk bersantai dan tetap bervitamin, diantaranya:

Smoothie Bowl 

Terdiri dari potongan Buah Naga dan tambahan granola atau oats. Kamu juga bisa mencampurkan smoothie buah naga ini dengan kacang, buah berry juga dengan biji kakao untuk menjadikan semangkuk smoothie yang bernutrisi dan ber energi.

Es Krim Buah Naga

Bahan:
500 gr Buah naga, potong-potong.
½ kaleng SKM
200 Gram whipcream bubuk
400 Gram air es

Cara Membuat:
-Blender Buah naga dan  SKM , sisihkan 
-Kocok whipcream bubuk dan air es hingga kaku kemudian mesukan buah naga yang sudah tadi diblender, kocok hingga rata.
-Tuang ke wadah dan bekukan 1 jam, keruk-keruk kemudian kocok lagi lalu bekukan.
-setelah beku ek krim siap untuk di santap.
Salad Buah Naga
 Selain memakan langsung ada  cara yang begitu familiar dikalangan masyarakat apalagi untuk para wanita yang sedang diet, yaitu dengan cara mengolah buah naga menjadi salad dan caranya pun begitu praktis, hanya mencampurkan potongan buah naga dengan buah-buahan lainnya sesuai dengan selera. Kamu juga bisa menambahkan mayones atau dressing salad agar rasanya nikmat.

Semoga artikel ini bermanfaat salam literasi dan salam lestari jangan lupa selalu stay healthy ya teman teman semua…


tag : 
buah naga
jenis jenis buah naga
khasiat buah naga
manfaat buah naga
manfaat buah naga merah
manfaat buah naga untuk ibu hamil
manfaat buah naga untuk kecantikan
manfaat buah naga untuk kesehatan
manfaat buah naga untuk wajah
manfaat buah naga untuk ibu hamil

Belum ada Komentar untuk "Manfaat dan Jenis - Jenis Buah Naga Beserta Makanan Olahannya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel